Minggu, 17 September 2017

Jika Bahasa Persia Adalah Bahasa Indo-Eropa, Mengapa Menggunakan Alfabet Arab?

 Alfabet Arab Digunakan dalam Bahasa Persia, Apakah Alasan dibaliknya?

Alfabet Arab

Seperti yang diketahui bahwa Bahasa Persia adalah salah satu Bahasa Indo-Eropa, akan tetapi alfabet yang digunakan untuk bahasa ini menggunakan alfabet Arab. Hal ini menimbulkan berbagai pertanyaan bagi banyak orang. Untuk menjawab bertanyaan publik tersebut, mari berfikir sejenak dengan observasi menggunakan bahasa Inggris sebagai media perbandingannya. Jika dibandingkan dengan bahasa Inggris yang menggunakan alfabet latin, apakah alasan Inggris tak menggunakan abjad asli dalam sejarahnya? Mari telusuri lebih dalam legi terkait bahasa dan abjad untuk penulisannya..


 

Alfabet Arab

Nah, karena bahasa Inggris bukan bahasa latin, mengapa menggunakan alfabet Latin dan bukan abjad Anglo-Saxon asli dalam penulisan bahasanya? Untuk alasan yang sama, (tapi tidak begitu identik) Persia memutuskan untuk menggunakan apa yang disebut alfabet Arab dalam penulisan bahasanya, dan sekaligus memutuskan untuk meninggalkan naskah Pahlavi yang digunakan sebelum Islam masuk ke wilayah Iran / Persia dan sebelum alfabet Arab diperkenalkan.



    Pertama-tama, secara ketat, itu harus disebut abjad Perso-Arab; karena Persia juga ikut andil dalam pembentukan bentuk alfabet saat ini. Misalnya, dalam alfabet Arab (yaitu naskah Kufi), tidak ada titik-titik. Persia menambahkan titik untuk membedakan suara satu sama lain, misalnya baa dan taa menjadi huruf yang berbeda; sama dengan melihat dan kemilau, jeem dan khaa, dan seterusnya dalam alfabet arab.
Alfabet Arab

    
Setelah Penaklukan Persia oleh orang-orang Arab, orang Persia meninggalkan naskah Pahlavi mereka yang mendukung alfabet Perso-Arab. Mereka punya alasan sendiri untuk melakukannya. Skrip yang lebih tua sulit untuk dipelajari: dan di Iran pra-Islam / Persia, kebanyakan orang tidak diijinkan untuk belajar membaca dan menulis (hanya anggota kasta dabiran atau mubadan yang diizinkan untuk belajar menulis dan membaca).


Baca juga info : kursus bahasa arab

    Alfabet Perso-Arab telah digunakan di Iran selama 14 abad atau lebih, benar-benar lama bukan?. Mengubah alfabet menjadi Latin / Romawi (seperti yang diprakarsai oleh ataturk Turki) akan menceraikan Iran dari masa lalu sastra dan budaya yang mereka miliki. Ini berarti bahwa orang Iran tidak dapat membaca ratusan dan ribuan buku yang ditulis sepanjang 14 abad dalam bentuk aslinya lantaran meninggalkan abjad Arab. Nah tentu dengan begini sudah jelas mengapa alfabet Arab menjadi huruf yang digunakan oleh Persia.
Alfabet Arab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar